SEP Surabaya, Sentra Evangelisasi Pribadi

Renungan Jumat, 26 Mei 2023

Bacaan I : Kis 25:13-21; Mzm 103:1-2.11-12.19-20ab; Yoh 21:15-19

Sesudah mereka sarapan, Yesus berkata kepada Simon Petrus,”Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya, “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya , “Gembalakanlah domba-domba-Ku!” (Yoh 21:15)

Ketika kita mengasihi seseorang, entah itu orang tua, pasangan atau anak kita tentu tidak cukup hanya diungkapkan dalam ucapan saja. Tentu kita juga akan melakukan sesuatu untuk menunjukkan kesungguhan kasih kita kepada orang yang kita sayangi.

Dalam Injil hari ini dikisahkan Yesus bertanya kepada Petrus sampai tiga kali apakah Petrus mengasihi-Nya. Petrus sampai merasa sedih, seolah-oleh Yesus tidak percaya akan kasih Petrus kepada Yesus. Kepada Petrus Yesus meminta sebuah komitmen. Dengan tegas Petrus memberikan jawaban bahwa ia mengasihi Yesus. Petrus berpikir ini hanya sekedar jawaban dan komitmen pribadi. Namun diluar dugaan, Petrus mendapat tugas untuk menggembalakan. Dalam hal ini, Petrus dituntut untuk peduli kepada sesama. Petrus perlu membimbing orang lain sebagai sesama agar memiliki apa yang dimiliki Petrus, yaitu karya penyelamatan Allah dalam Yesus. Petrus diminta untuk tidak egois dengan mementingkan diri sendiri, namun juga peduli akan keselamatan orang lain.

Pertanyaan Yesus kepada Petrus juga ditujukan kepada kita.

Apakah kita mengasihi Allah dengan sungguh?

Mengasihi Allah bukan lagi masalah personal, namun terkait dengan perintah untuk memperlihatkan kasih tersebut pada tindakan mengasihi sesama. Kita diberi tugas oleh Yesus untuk mewartakan kasih-Nya kepada sesama. Keselamatan yang sudah kita peroleh melalui sengsara, wafat, kebangkitan, dan kenaikan-Nya ke sorga tidak kita simpan untuk diri sendiri, namun harus kita wartakan. Roh kudus yang akan membantu kita meneruskan karya kasih-Nya.

Doa :

Tuhan Yesus, Engkau begitu mengasihiku. Utuslah Roh Kudus-Mu untuk memperbarui hidupku  dan memampukan aku untuk menjadi saksi-Mu melalui perkatan dan perbuatan. Amin

×